Kamis, 08 Januari 2015

ISO 9000

ISO 9000
         ISO merupakan singkatan dari International Organization for Standardization, padahal ISO bukan merupakan singkatan. ISO berasal dari bahasa Yunani isos yang berarti sama. Penggunaan kata ISO agar mempermudah dalam penyebutan untuk International Organization for Standardization, berdasarkan pertimbangan beraneka ragamnya budaya dan bahasa dari negara-negara di seluruh dunia. Pengertian dari ISO sendiri adalah “organisasi internasional khusus dalam hal standarisasi” (M. N. Nasution, 2001: 218). Jadi ISO merupakan sebuah organisasi bertaraf internasional yang khusus bergerak dalam bidang standarisasi.
       Standar Internasional ISO 9000 adalah konsensus internasional untuk pelaksanaan manajemen yang baik dengan tujuan untuk memastikan suatu organisasi mampu untuk selalu menghasilkan produk atau jasa yang memenuhi tuntutan mutu pelanggan. Langkah-langkah tersebut dibakukan dalam serangkaian persyaratan sistem manajemen mutu secara umum, tidak tergantung jenis organisasinya.
      Mengapa suatu organisasi sebaiknya mengimplementasikan ISO 9000? Untuk selalu menjaga agar pelanggan selalu puas, maka produk atau jasa yang dihasilkan harus memenuhi kebutuhan pelanggan. ISO 9000 memberikan kerangka kerja yang telah diuji coba, untuk melakukan pendekatan sistematis dalam mengelola proses bisnis atau aktivitas suatu organisasi, sehingga selalu konsisten menghasilkan produk / jasa yang memenuhi harapan pelanggan.
        ISO 9000 bukanlah Standar Produk! Definisi standar “mutu” menurut ISO 9000 adalah segala sesuatu yang dibutuhkan pelanggan dari suatu produk atau jasa. “Manajemen mutu” berarti segala sesuatu yang harus dilakukan organisasi untuk memastikan bahwa produknya telah sesuai dengan kebutuhan pelanggan. ISO 9000 menitikberatkan kepada penanganan aktivitas atau proses dalam suatu organisasi dan tidak berhubungan langsung dengan hasil kerjanya. Penanganan proses memang akan mempengaruhi produk akhirnya, tetapi ISO 9000 bukanlah standar produk/jasa.
sumber : http://sekolah.8k.com/rich_text_2.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar