Jumat, 18 November 2011

PENDUDUK DAN PERMASALAHAN

Penduduk dan Permasalahan

      Sebagaimana kita ketahui bersama, Indonesia merupakan negara dengan nomor urut keempat dalam besarnya jumlah penduduk setelah China, India, dan Amerika Serikat. Lonjakan penduduk yang sangat tinggi atau baby booming di Indonesia akan berdampak sangat luas.
     Semakin banyaknya penduduk akan semakin menimbulkan permasalahan, diantaranya yaitu: Tidak tersedianya lapangan pekerjaan bagi penduduk yang tidak bekerja, pembangunan rumah penduduk di bantaran sungai, terjadi urbanisasi karena orang-orang desa yang dulunya berkecukupan pangan namun sekarang tidak lagi berkecukupan sehingga mereka berbondong-bondong pindah ke kota, beberapa kawasan juga mengalami pencemaran akibat pembangunan gedung, banjir yang terus menerus melanda berbagai tempat di Indonesia diakibatkan karena pembuangan sampah secara sembarangan oleh penduduk.
        Ujung dari semua ledakan penduduk itu adalah kerusakan lingkungan. Persoalannya rumit mengingat persoalan terkait dengan manusia dan lingkungan hidup. Butuh kesadaran besar bagi tiap penduduk, khusunya pasangan yang baru menikah, untuk merencanakan jumlah anak.


sumber:
http://izzahluvgreen.wordpress.com/2009/04/04/dampak-permasalahan-penduduk-di-indonesia-terhadap-lingkungan-hidup/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar