Selasa, 15 November 2011

Tugas 2

  1. Dalam kehidupan kita dikenal ada tiga karakter dan lingkungan yang memiliki oleh manusia,yaitu: individu, keluarga, dan masyarakat. Demikianlah sebuah pemahaman dari tiga tipe/ pola kehidupan dan jelaskan pula contoh-contoh dari masing-masing kehidupan tersebut.
  • Pertumbuhan individu adalah proses perubahan secara perlahan-lahan pada manusia dalam mengenal suatu secara keseluruhan baru kemudian mengenal bagian-bagian dari lingkungan yang ada.
    Pembagian pertumbuhan individu berdasarkan pisikologis:
  1. Masa vital yaitu dari usia 0.0 sampai kira-kira 2 tahun. Pada masaindividu menggunakan fungsi-fungsi biologis untuk menentukan berbagai hal dalm dunianya 
  2. Masa estetik dari umur kira-kira 2 tahun sampai kira-kira 7 tahun, pertumbuhan anak dalam fungsi pancaindera, sebagai subyek yang mempunyai kebebasan untuk menghendaki sesuatu. 
  3. Masa intelektual dari kira-kira 7 tahun sampai kira-kira 13 tahun atau 14 tahun. adanya minat kepada kehidupan praktis sehari-hari yang konkri, amat realistis inggn tau, ingin belajar, gemar membentuk kelompok sebaya.
  4. Masa sosial, kira-kira umur 13 atau 14 tahun sampai kira-kira 20-21 tahun

  • Keluarga adalah unit/satuan masyarakatterkecil yang sekaligus merupakan suatu kelompok kecil masyarakat.
    Konsep keluarga:
  1. Keluarga terdiri dari orang-orang yang bersatu karena ikatan perkawinan.
  2. Anggota suatu keluarga biasanya hidup bersama-sama dalam satu rumah dan mereka membentuk suatu rumh tangga (household).
  3. Keluarga itu merupakan satukesatuan orang-orang yang berinteraksi dan saling berkominikasi,yang memainkan peran suami dan istri,bapak dan ibu.
  4. Keluarga itu mempertahankan suatu kebudayaan bersama yang sebagian besar berasal dari kebudayaan umum yang lebih luas.

  • Masyarakat adalah suatu istilah yang kitaa kenal dalam kehidupan sehari-hari, ada masyarakat kota, masyarakat desa, masyarakat ilmiah, dan lain-lain. 
      Pertumbuhannya masyarakat dapat di golongkan menjadi:
      1. Masyarakat sederhana. Dalam lingkungan masyarakat sederhana (primitive) pola pembagian kerja cenderung dibedakan menurut jenis kelamin. 
      2. Masyarakat maju. Masyaraakat maju memiliki aneka ragam kelompok sosial,masyarakat tumbuh dan brkembang berdaarkan kebutuhan serta tujuan tertentu yang akan di capai.

      Tidak ada komentar:

      Posting Komentar